MENANAM POHON BERINGIN DISEKITAR SUMBER MATA AIR

Administrator 07 September 2020 09:33:50 WITA

INFORMASI HID
Sabtu, 5 September 2020

KKM DAN SATLAK PROGRAM HID/PAMSIMAS III DESA BENGKALA MENANAM POHON BERINGIN DISEKITAR SUMBER MATA AIR SANGBURNI-PAKISAN

Perlu diketahui Pohon Beringin adalah salah satu jenis pohon yang berpotensi sebagai pelindung air, merupakan jenis tanaman konservasi air yang dapat menyimpan dan mendekatkan air ke permukaan tanah.

Mengapa Pohon Beringin dipilih sebagai pelindung mata air?

Karena Pohon Beringin memenuhi kriteria yang ditentukan, salah satunya adalah pohon ini mampu memberikan pengaruh dalam pengisian air tanah dan akarnya mampu mencengkram tanah dengan baik.

Selain itu, akar Pohon Beringin yang besar mampu menyimpan air dengan baik, mampu mengendalikan penguapan (evapotransprasi & evaporasi) serta memberikan pengaruh dalam penyerapan aquifer.

Terimakasih atas upaya yang dilakukan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Amerta Bhuana dan Satuan Pelaksana Tugas (SATLAK) Program HID/Pamsimas III Desa Bengkala yang berkesempatan mengikuti, dengan melakukan Perlindungan dan Pelestarian Alam salah satunya dengan menanam Pohon Beringin disekitar mata air di Sangburni-Pakisan hari ini Sabtu (5/9). Dimana ini merupakan salah satu sumber untuk pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat Desa Bengkala.

Semoga Pohon Beringin ini mampu mempertahankan volume ketersediaan air pada Sumber Mata Air tersebut, dan dapat berfungsi sebagai penyangga tanah dari bahaya erosi dan tanah longsor.

 

Komentar atas MENANAM POHON BERINGIN DISEKITAR SUMBER MATA AIR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bengkala

tampilkan dalam peta lebih besar